Kunci Sukses Bisnis Waralaba Kuliner Di Indonesia

Kunci Sukses Bisnis Waralaba Kuliner Di Indonesia

Sudah pernah mendengar istilah waralaba ? Bisnis waralaba atau yang dikenal dengan franchise, kini seolah menjadi ladang usaha baru bagi masyarakat Indonesia. Waralaba sendiri rupanya merupakan sebuah bisnis yang baru populer di tanah air, yang ditandai dengan munculnya department store dan bisnis makanan cepat saji. Bisnis Waralaba kuliner kini diburu oleh para pengusaha, disebabkan karena bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar dan keuntungannya cukup tinggi.

Dunia bisnis kuliner memang banyak menarik minat pebisnis untuk terjun di dalamnya. Bagaimana tidak ? Tanpa perlu modal yang banyak, pebisnis sudah bisa menjalankan usaha waralaba tanpa repot memulai usaha dari nol. Nah, bagi anda yang ingin mendirikan sebuah usaha waralaba kuliner, anda bisa mempertimbangkan dan memperhatikan beberapa rencana agar usaha anda bisa sukses dengan modal yang kecil. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda ikuti. Yuk simak baik-baik!

Menggunakan Merek Dagang Waralaba dalam Negeri

Tips pertama jika ingin bisnis waralaba kuliner anda menjadi sukses adalah menggunakan merek dagang dalam negeri. Pasalnya, merek dagang dalam negeri memiliki popularitas tersendiri daripada merek luar negeri, sehingga hal ini memungkinkan anda untuk mendapatkan banyak pelanggan. Disamping itu, anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuka usaha dengan menggunakan merek dagang dalam negeri.

Menggunakan Bisnis Waralaba yang Populer di Pasaran

Bisnis waralaba memiliki peran yang lebih fokus pada penjualan, sedangkan untuk pemilihan target pasar secara tepat dengan produk yang dibuat merupakan adalah tugas dari pusat penjual waralaba. Namun meskipun begitu, anda harus jeli melihat peluang di sekitar tempat anda untuk mendapatkan pelanggan yang sesuai.

Mengecek Apakah Merek Dangan Waralaba Sudah Resmi Terdaftar

Sebelum menjalankan bisnis waralaba kuliner, terlebih dahulu anda harus memastikan apakah merek dagang yang anda pilih sudah terdaftar secara resmi atau belum. Tujuannya tak lain adalah untuk mengecek kredibilitas dari perusahaan tersebut untuk mengantisipasi jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan kedepannya.

Memiliki Situs Resmi

Memiliki akun media sosial atau situs resmi dari sebuah merek dagang waralaba telah menunjukkan profesionalitas dari sebuah bisnis. Disamping itu juga berfungsi untuk meningkatkan brand awarness yang dipromosikan sehingga memiliki banyak pelanggan. Inilah mengapa adanya situs atau akun media sosial resmi sangatlah penting.

Menghindari Merek Dagang Waralaba yang Tidak Jelas

Tips terakhir untuk sukses dalam bisnis waralaba kuliner ialah menghindari merek dagang waralaba yang tidak jelas atau tidak terkenal. Mengapa ?  Sebab, karena merek dagang yang tidak jelas ini pada umumnya memiliki jumlah outlet yang banyak sehingga anda perlu bersaing dengan banyak outlet dengan merek dagang yang sama.

Nah, itulah dia beberapa tips yang perlu anda perhatikan saat hendak memulai bisnis waralaba dalam dunia makanan. Serta beberapa rekomendasi contoh waralaba kuliner yang sudah terkenal diatas bisa menjadi rekomendasi untuk dijadikan sebagai usaha waralaba kuliner anda. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi anda ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami Sekarang
Hi, ada yang bisa kami bantu?